Minggu, 14 Desember 2008

Ilmu Komunikasi dan Im Telkom

Ilmu Komunikasi adalah salah satu Jurusan yang baru dibuka tahun 2008 di Universitas IM Telkom. Walaupun baru dibuka di Universitas tersebut, namun peminat nya cukup lumayan,terlihat dari para pendaftar yang datang dari berbagai daerah dan provinsi di Indonesia.

Keunggulan Ilmu Komunikasi di IM telkom adalah : 1. Menekan pada pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT) 2. Menciptakan intelektual yang berjiwa entrepreneurship 3. Berkomunikasi dalam konteks Lokal & Global (Trans Cultural Communication) Program Jurusan Ilmu Komunikasi di Institut Manajemen Telkom ini berfokus pada bagaimana mahasiswa menggunakan media dan teknologi untuk mengkomunikasikan berbagai perspektif, mulai dari sosial, politik, hingga kultur dan kebudayaan. Dengan pembekalan pengetahuan tersebut, mahasiswa akan siap untuk berkarir dengan cara yang baru untuk menghadapi dunia yang baru. Ilmu komunikasi bukan lah Ilmu yang hanya mengajari seseorang untuk berkomunikasi, melainkan ilmu yang mempelajari seluk beluk komunikasi untuk mempertipis adanya perbedaan pendapat/pandangan/persepsi yang sering timbul ketika sedang berkomunikasi.

KONSEPTUAL KOMUNIKASI Deddy Mulyana (2005:61-69) mengkategorikan definisi-definisi tentang komunikasi dalam tiga konseptual yaitu:

1. Komunikasi sebagai tindakan satu arah.

Suatu pemahaman komunikasi sebagai penyampaian pesan searah dari seseorang (atau lembaga) kepada seseorang (sekelompok orang) lainnya, baik secara langsung (tatap muka) ataupun melalui media, seperti surat (selebaran), surat kabar, majalah, radio, atau televisi. Pemahaman komunikasi sebagai proses searah sebenarnya kurang sesuai bila diterapkan pada komunikasi tatapmuka, namun tidak terlalu keliru bila diterapkan pada komunikasi publik (pidato) yang tidak melibatkan tanya jawab. Pemahaman komunikasi dalam konsep ini, sebagai definisi berorientasi-sumber. Definisi seperti ini mengisyaratkan komunikasi semua kegiatan yang secara sengaja dilakukan seseorang untuk menyampaikan rangsangan untuk membangkitkan respon orang lain. Dalam konteks ini, komunikasi dianggap suatu tindakan yang disengaja untuk menyampaikan pesan demi memenuhi kebutuhan komunikator, seperti menjelaskan sesuatu sesuatu kepada orang lain atau membujuk untuk melakukan sesuatu. Beberapa definisi komunikasi dalam konseptual tindakan satu arah: a. Everet M. Rogers: komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku. b. Gerald R. Miller: komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima. c. Carld R. Miller: komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunkate). d. Theodore M. Newcomb: Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber kepada penerima.

2.Komunikasi sebagai interaksi.

Pandangan ini menyetarakan komunikasi dengan suatu proses sebab-akibat atau aksi-reaksi, yang arahnya bergantian. Seseorang menyampaikan pesan, baik verbal atau nonverbal, seorang penerima bereaksi dengan memberi jawaban verbal atau nonverbal, kemudian orang pertama bereaksi lagi setelah menerima respon atau umpan balik dari orang kedua, dan begitu seterusnya.

Contoh definisi komunikasi dalam konsep ini, Shanon dan Weaver (dalam Wiryanto, 2004), komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja dan tidak terbatas pada bentuk pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni , dan teknologi.

3.Komunikasi sebagai transaksi.

Pandangan ini menyatakan bahwa komunikasi adalah proses yang dinamis yang secara sinambungan mengubah phak-pihak yang berkomunikasi. Berdasrkan pandangan ini, maka orang-orang yang berkomunikasi dianggap sebagai komunikator yang secara aktif mengirimkan dan menafsirkan pesan. Setiap saat mereka bertukar pesan verbal dan atau pesan nonverbal.

Beberapa definisi yang sesuai dengan konsep transaksi:

a. Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss: Komunikasi adalah proses pembentukan makna di antara dua orang atau lebih.

b. Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson: Komunikasi adalah proses memahami danberbagi makna.

5 komentar:

AnQghie mengatakan...

ilmu komunikasi di IMT best of the best......

go komunikasi...

anak2nya ajib2 smw...

gokil...kreatif...

n yg pasti....

cakep2....


hahahaha

semua yang ada di sini pasti seru dan wah.... mengatakan...

ikomnya iMt nda kalah bagus ma Ikom Univ. laen walaupun baru..



so.....ikom ImT is The Bast dah..


he...he...

Vicky_MURDER mengatakan...

waw...



numpang koment aja...




hahahahhags....



tapi bagus artikelnya...???

Rahmat Fitra Wibowo mengatakan...

good job!

komunikasi itu emg keren.
dbutuhin dmn aja/
mau dokter,pilot,arsitek ato siapalah itu pasti butuh omunikasi.

go ikom!

coetcoet mengatakan...

hha .

bagguuss nii .
bwat tmbahan belajar .
hhe .